Seluruh Link sudah expired dan akan diupdate dalam waktu dekat, silahkan hubungi admin pada "Contact" yang ada dibawah blog untuk mendapatkan Link yang aktif. Mohon maaf atas ke tidak nyamanan nya.

Cara Merubah File CPB Menjadi Scatter / QFIL / Pac

Pinponsel - Cara merubah file CPB menjadi Scatter, QFIL, atau Pac yang akan kita bahas berikut ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Yang perlu dilakukan hanyalah melakukan load file CPB menggunakan QGDP Download Tool kemudian mengambil file-file yang ada di dalamnya baik itu berupa file scatter maupun QFIL agar bisa di flash menggunakan SP Flashtool atau QPST, sedangkan untuk file Pac perlu dilakukan packing kembali menjadi file package (pac). Namun demikian admin tetap merekomendasikan untuk melakukan flashing menggunakan file cpb daripada menggunakan file hasil ekstrak cpb ke scatter, qfil, atau pac.

Untuk melakukan perubahan file jenis CPB ke Scatter, QFIL ataupun Pac silahkan ikuti tutorial berikut ini.

Cara Merubah File CPB menjadi Scatter

  1. Sebelumnya silahkan Download QGDP Tool, untuk saat ini saya merekomendasikan yang versi 3.2.0 c single port karena bisa dijalankan secara offline dan tanpa password.
  2. Silahkan ekstrak file tersebut kemudian klik QGDP_CUST untuk menjalankan tool tersebut.
  3. open qgdp tool untuk ubah file cpb ke scatter
  4. Selanjutnya silahkan load file CPB dengan cara klik "Config" kemudian klik kotak pada bagian "please select CPB file" dan arahkan pada file cpb yang akan di ubah ke file scatter.
  5. load firmware untuk diubah file cpb ke scatter
  6. Silahkan tunggu proses verify dan checking file cpb hingga selesai.
  7. Setelah proses checking dan ekstrak file cpb selesai silahkan masuk ke folder dimana tool QGDP berada, untuk lebih mudahnya silahkan klik kanan pada shortcut QGDP tool yang terdapat di desktop kemudian pilih "Open file location".
  8. open downfiles untuk melihat file hasil ekstrak dari cpb yang berisi file scatter
  9. Silahkan temukan folder "DownFiles". Apabila folder DownFiles tidak muncul silahkan lakukan show hidden file pada folder and search options.
  10. show hidden file untuk menampilkan file cpb yang telah di ekstrak dan berisi file scatter
  11. Di dalam "DownFiles" tersebut terdapat folder firmware yang sudah di ekstrak dan terdapat file scatter di dalamnya.
  12. hasil ekstrak firmware cpb yang sudah menjadi file scatter
  13. Silahkan copy atau cut folder yang terdapat di dalam folder "downfiles" dan simpan dengan nama sesuai dengan tipe handset yang digunakan.
  14. Sampai disini file tersebut sudah dapat digunakan untuk melakukan flash menggunakan SP Flashtool.

Cara Merubah File CPB Menjadi QFIL

Sebenarnya cara merubah file CPB menjadi QFIL caranya sama dengan tutorial yang sudah dibahas di atas, silahkan ikuti langkah-langkah seperti di atas kemudian copy folder hasil ekstrak yang ada di dalam folder "DownFiles". File yang ada di dalam folder tersebut bisa digunakan untuk melakukan flash menggunakan QFIL/QPST atau tool Qualcomm lain nya dalam mode 9008.

Cara Merubah file CPB Menjadi Pac

Untuk merubah file CPB menjadi Pac langkah-langkah nya juga sama seperti pada langkah tutorial merubah file pac menjadi scatter yang sudah dibahas di atas, namun ada langkah tambahan yang harus dilakukan.

Setelah didapatkan file hasil ekstrak di dalam folder "DownFiles" diperlukan langkah selanjutnya, yaitu memasukkan file-file tersebut dalam sebuah package melalui tool Research Download. Silahkan cari dan download Research Download tool yang terbaru melalui link tersebut bila belum memilikinya.

Note : Sebelum membuka tool research download silahkan copy file XML yang terdapat di dalam folder hasil ekstrak cpb tersebut ke dalam folder Research Download, apabila sudah ada file yang sama silahkan timpa/ganti saja agar sesuai dengan firmware yang akan digunakan. Selalu lakukan hal ini apabila nanti ingin merubah file cpb ke pac pada tipe-tipe yang lain nya. copy file xml ke folder research download untuk melihat susunan partisi firmware

Silahkan buka Research Download tool yang sebelumnya sudah dicopykan file xml di dalamnya, kemudian silahkan klik gambar dua roda bergerigi untuk memasukkan file-file hasil ekstrak cpb ke partisinya masing-masing untuk dibuat file pac. Apabila ada partisi yang tidak bisa di double click silahkan lewati saja dan lanjut ke partisi berikutnya. jangan sampai salah memasukkan file pada partisinya karena dapat menyebabkan error pada perangkat. memasukkan file firmware cpb yang telah di ekstrak ke partisi research download untuk di ubah jadi pac

Apabila anda kesulitan untuk menempatkan file-file pada partisinya, silahkan buka PhoneInfo.yl menggunakan Notepad++, atau bisa anda ubah jadi PhoneInfo.txt, disana terdapat informasi nama-nama file yang harus di tempatkan di partisi masing-masing. phone info untuk mengetahui posisi partisi file firmware yang akan dijadikan pac

Jika sudah selesai silahkan klik "Packet" dan berikan nama sesuai dengan firmware perangkat atau sesuai keinginan anda, proses ini akan memakan waktu yang cukup lama jadi silahkan tunggu hingga selesai.

Setelah selesai file pac tersebut siap digunakan untuk di flash menggunakan SPD Flashtool Research Download, Upgrade Download, atau Factory Download tool.

Demikianlah tutorial cara merubah file CPB ke Scatter, Pac, atau QFIL, semoga bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada pertanyaan ataupun saran sekitar tutorial ini silahkan tulis pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah artikel ini. Wassalam.. ^^

Belum ada Komentar untuk "Cara Merubah File CPB Menjadi Scatter / QFIL / Pac"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel